because life is a miracle

because life is a miracle

Minggu, 29 Januari 2012

Korean Wave - Hallyu

Korea, satu negara di Benua Asia. Ah rasanya sama saja dengan Negara Asia lainnya, Jepang, China, Taiwan, orang-orangnya juga jauh beda, budayanya juga hampir mirip*maksa. Tapi kok rasanya negara ini begitu istimewa yah. Itu pendapatku sebelum mengenal Korea. Sejak pertama kali menonton drama Korea pandanganku tentang negera tersebut berubah. Dari ”Winter Sonata”, ”Endless love” dan ”Full House” membuat hati ini tiba-tiba ingin melambung kesana. Rasanya seperti jatuh cinta sehingga selalu ingin mengetahui hal-hal berbau Korea. Ini mungkin yang dikatakan freak.

Apa yang membedakan drama Korea dengan drama pada umumnnya yah, bukan hanya karena ceritanya, tapi buat aku culture mereka begitu berperan penting. Sehingga menjadi satu dari sedikit faktor yang sudah tidak bisa terbantahkan. Bayangkan saja jika drama Korea sampai begitu booming di Malaysia. Rasanya tidak perlu dipertanyakan lebih jauh lagi. Karena sepertinya para produsernya memang sudah menyiapakan dengan matang agar penonton jatuh cinta pada drama-drama mereka alias ”nempel dihati”. Dari alur cerita yang tidak terlalu memaksa dan seolah membodohi penonton. Melainkan kita sebagai penonton mampu merasakan emosi dari setiap karakter dari drama tersebut. Disamping itu kita juga bisa tiba-tiba tertawa lepas dan ikut merasakan bahagia. Meskipun tanpa subtitle kita tidak akan tahu percakapan apa yang sedang berlangsung, namun aku senantiasa mencoba memahami sedikit demi sedikit daily expression meraka. Aku punya note*pribadi loh untuk yang satu itu.

apapun efek dari menonton drama Korea, sejauh ini masih wajar saja dan tidak membuatku geger otak. Tapi yang mesti itu yah seperti itu, menonton berjam-jam satu drama hanya karena begitu penasaran dengan endingnya. Itu betul bagian dari bukti cinta terhadap Korea*maksa. Ditambah lagi pesona sihir pemainnya yang menawan serta fashion yang membuat kita rasanya terheran-heran tapi tetap saja terlihat chic. Gemes rasanya. Aku mulai memilih seorang oppa* sejak itu. Lalu tidak berhanti sampai disitu. Salah satu teman dan juga siswaku lalu kemudian mengenalkanku dengan K-Pop atau yang lebih dikenal dengan Korean Pop. Serupa band jika di Indonesia namun untuk K-Pop para anggotanya tidak memainkan alat musik melainkan dance mengikuti alur musik. Awalnya merasa aneh. Tapi lama kelamaan setelah melihat memperhatikan dan tentu mendengarkan lagu mereka yang rasanya asik ditelinga. Dari situlah ”kegilaan” tentang Korea semakin menjadi-jadi. Kegilaan yang rasanya terlambat dan sulit diterima. Namun tidak dianya terjanyata beberapa teman dekatku malahan ikut merasakan Cinta itu. Maka mulailah kami mencari tahu tentang gosip para artis tersebut. Dari yang pernah operasi plastik, kecelakaan, tren fashion terbaru, grup band yang sedang hits, lagu dan video favorite, award, dan sebagainya. Pokoknya tiada hari terlewati tanpa kisah mengenai Korea.

Di indonesia sendiri, tahun 2004 merupakan tahun awal drama seri Korea pertama ditayangkan di televisi, bersaing dengan drama seri Cina dan Jepang yang sudah terlebih dahulu ditayangkan. Tapi, memang drama seri ”Full House” –lah yang menjadikan orang tertarik sampai akhirnya sekarang ini sudah banyak stasiun televisi lokal maupun nasional yang menjadikan drama seri Korea sebagai tayangan andalannya. Bahkan, ada beberapa sinetron kita yang mengadaptasi cerita dari drama seri Korea. Sejak itu, demam budaya pop Korea ini merambah ke bidang lain seperti musik yang membuat para promotor berlomba-lomba mendatangkan artis penyanyi Korea ke Indonesia. Dan semuanya sukses besar, tiketnya sold-out. Juga restoran Korea yang tadinya hanya ada satu atau dua di Indonesia kini menjamur. Bukan cuma itu saja, hampir segala aspke kehidupan kita sekaran tersentuh dengan produk Korea, seperti baju, makanan, alat elektronik, bahkan panci.

Ternyata, demam budaya pop Korea ini mengalir bagaikan arus yang tak terbendung. Korean Wave atau hallyu tidak hanya melanda Indonesia tetapi seluruh dunia. Tidak mengenal usia, gender, ataupun latar belakang pendidikan. Aku saja hampir setiap hari mencoba mengkombinasikan tiga bahasa bersama beberapa teman-teman. Bahasa Indonesia-Inggris-Korea. Meskipun sering kali terdengar begitu aneh dan sulit terucapakan di lidah, namun Cinta ini semakin mencari tempat yang luas di hati. Korea memang punya sejuta cerita. Berikut ini beberapa point penting yang berbau Korea, seperti:

- Daftar drama seri must watch
1. Full House (2004) 16 episode
2. Princess Hours (2006) 24 episode
3. You’re Beautiful (2009) 16 epd
4. Boys Before Flowers (2009) 25 eps
5. Iris (2009) 20 eps
6. My Princess (2010) 16 eps
7. My Girlfriend is Gumiho (2010) 16 eps
8. Secret Garden (2010) 20 eps
9. Mary Stayed Out All Night (2010) 16 eps
10. Playfull Kiss (2010) 16 (+7eps special tayangan Youtube)

- 10 cuttest actor/actress
1. Kim Hyun Joong (6 Juni 1986)
2. Lee Min Ho (22 Juni 1987)
3. Kim Bum (7 Juli 1989)
4. Goo Hye Sun (9 November 1984)
5. Lee Sung Gi (13 Januari 1987)
6. Shi Min Ah (5 April 1984)
7. Song Hye Kyo (22 November 1981)
8. Choi Si Won (10 Februari 1987)

-K drama must watch 2011
1. The musical
2. City Hunter
3. Poseidon
4. Festival
5. Goodbye Miss Ripley
6. The Young looking Pretty Woman

- Most adorable grup K-Pop
1. F4
2. Super Junior
3. SS501
4. MBALQ
5. 2NE1
6. SNSD (Girls Generation)
7. Miss A
8. Shinee

- Makanan favorite
1. Kimchi
2. Bibimbap
2. Dobboki
4. Ramyeon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar